Kamis, 26 Mei 2016

Tips Cara Memilih Yogurt Yang Baik dan Sehat

Tips Cara Memilih Yogurt Yang Baik dan Sehat

Baca Juga

Artikeldokter.com - Tips Cara Memilih Yogurt Yang Baik dan Sehat. Yogurt memiliki reputasi sebagai minuman superstar karena manfaat sehatnya. Tapi, yogurt bisa berbalik menjadi junk food dengan mudah jika Anda salah memilih produk, ucap Caroline Kaufman, RDN, seorang pakar nutrisi di San Francisco anggota penasehat Health Must-Eat List.

Tips Cara Memilih Yogurt Yang Baik dan Sehat

Bagaimana cara memilih yogurt dengan benar? Ini caranya.


1. Pertahankan metode yang sederhana

Untuk membuat yoghurt, semua yang dibutuhkan adalah susu dan dua kultur bakteri hidup yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, yang mengubah susu menjadi yogurt melalui fermentasi. "Di luar itu, ada beberapa bahan tambahan seperti penambah rasa, gula dan mungkin potongan buah," ucap Kaufman. Jauhi produk yang memiliki daftar panjang bahan-bahan yang tidak Anda kenal, yang namanya susah diucapkan, dan tidak Anda harapkan ada di dalam yogurt seperti minyak terhidrogenasi dan terlalu banyak pemanis buatan.

2. Mengandung Prebiotik atau makanan bakteri baik

Prebiotik adalah makanan dari bakteri baik yang tinggal di pencernaan anda, hal ini dapat menjadi faktor penting saat anda memilih yogurt. Prebiotik dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan usus.  Tidak semua yogurt mengandung prebiotik dalam produknya, pastikan Anda telah memilih yogurt yang tepat ya.

 3. Cek kandungan gula

Secara alami, yogurt telah mengandung gula dari susu atau laktosa (sekitar sembilan gram dalam enam ons yogurt biasa polos, dan sekitar tujuh gram dalam yogurt Yunani). Di pasaran, biasanya yogurt ditambahkan pemanis buatan sebagai penguat rasa. Hindari membeli yogurt yang mencantumkan gula sebagai bahan utama pembuatnya karena itu berarti produk tersebut mengandung banyak gula tambahan. Gula berlebih dapat menjadi investasi penyakit di masa yang akan datang, karenanya pilihlah produk yang rendah gula.

4. Perhitungkan kalsium

Yogurt merupakan sumber makanan kaya kalsium untuk membentuk tulang yang sehat. Jumlah kandungan kalsium dalam produk yogurt, bervariasi. Pilih yogurt yang mengandung setidaknya  15 persen dari nilai kebutuhan kalsium harian yang ditetapkan ilmu kesehatan. Dewasa usia 19-50 tahun membutuhkan 1.000 mg kalsium, anak-anak 1-3 tahun 500 mg, 4-8 tahun 800 mg, 9-18 tahun 1.300 mg.

5. Baca label dengan hati-hati

Semua persyaratan yogurt yang baik di atas, seharusnya tertera pada label kemasan. Baca label dengan hati-hati ketika membandingkan antara produk yang satu dengan produk lainnya.

Ayo teliti memilih yogurt, karena tidak semua yogurt itu sama. Cek kandungan nutrisinya. Pilih yogurt yang lebih rendah gula, lebih rendah lemak, lebih tinggi kalsium dan memiliki manfaat lain seperti serat prebiotik. 

Dan jangan lupa, Anda harus teliti dalam memilih yogurt, karena tidak semua yogurt itu sama. Cek kandungan nutrisinya. Pilih yogurt yang lebih rendah gula, lebih rendah lemak, lebih tinggi kalsium dan memiliki manfaat lain seperti serat prebiotik. 

Demikian Tips Cara Memilih Yogurt Yang Baik dan Sehat, semoga bermanfaat.

Related Posts

Tips Cara Memilih Yogurt Yang Baik dan Sehat
4/ 5
Oleh